Perempuan VS Periode Haid


Penyebab haid tidak teratur tanggalnya pada perempuan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: Pertama, Stres, stress pada perempuan umumnya merangsang peningkatan kadar hormon kortisol yang secara tidak langsung mempengaruhi produksi hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi. Kedua, Penggunaan alat kontrasepsi, berbagai macam alat kontrasepsi beresiko menjadi penyebab haid tidak teratur, karena cara kerja alat kontrasepsi mengganggu kestabilan hormon reproduksi. Ketiga, Perubahan berat badan drastis, maksud dari perubahan badan disini adalah bahwa semua bentuk perubahan badan baik dari gemuk ke kurus atau sebaliknya berimbas pada produksi hormon estrogen yang berguna dalam proses ovulasi. Keempat, Pre-menopause, bagi perempuan yang mendekati masa-masa menopause memang ditandai dengan jadwal periode haid yang tidak lancar hal ini sebagai akibat dari jumlah kadar estrogen dalam tubuh yang tidak menentu.

Penyebab tidak lancarnya periode haid yang kelima adalah mengidap PCOS, PCOS sendiri adalah singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome yang merupakan gangguan reproduksi yang diakibatkan adanya ketidak seimbangan hormon dalam tubuh. Itulah beberapa penyebab tidak lancarnya periode haid pada perempuan. Pada saat periode haid seorang perempuan akan lebih peka terhadap sekitar karena memang perubahan hormon dan tentunya karena ras yang tidak nyaman pada perutnya atau biasa disebut dengan nyeri haid. Berikut beberapa tips mengatasi nyeri haid yang dapat Anda lihat pada laman https://menstruasi.com/Home/detailArticle/tips-simple-atasi-nyeri-haid. Dalam artikel ini dijelaskan beberapa tips mengatasi nyeri haid diantaranya adalah dengan cara mengompres bagian perut yang sakit dengan air hangat.

Tips kedua adalah pijat lembut bagian tubuh yang terasa sakit, pegal atau tegang, biasanya pada bagian pinggang ke bawah. Dan tips ketiga adalah ketika periode haid berlangsung atau Anda merasa akan datang periode haid jangan memakai pakaian yang ketat. Begitu mudah bukan tips mengatasi nyeri haid yang memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian perempuan. Selain dengan tips-tips di atas Anda juga dapat mengatasi nyeri haid dengan menggunakan obat yang dijual di apotik. Obat ini mengandung analgesik dan antipiretik.
Previous
Next Post »