Ciri-Ciri Tanah Dijual Siap Bangun yang Bagus




Dari waktu ke waktu harga tanah memang kian melambung sehingga membuat harga rumah juga kian meningkat. Namun bagi anda yang sudah memiliki dana yang cukup maka masalah harga sepertinya bukan menjadi masalah selama tanah tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Karena harga tanah yang tidak murah maka sebaiknya dalam memilih tanah tersebut anda harus cermat dan teliti. Pastikan anda mencari tanah dijual siap bangun yang benar-benar bagus agar nantinya menguntungkan dan memudahkan proses pembangunan rumah tersebut. Bagi anda yang ingin membeli tanah maka ketahui ciri-ciri tanah yang bagus untuk siap dibangun agar hasilnya semakin memuaskan. 

Ciri-Ciri Tanah Dijual yang Siap Dibangun
Dalam memilih tanah yang siap dibangun memang tidaklah mudah. Sebab ada beberap hal yang perlu anda pertimbangkan. Mungkin selama ini banyak dari anda yang beranggapan bahwa memilih tanah untuk bangunan bisa mudah dilakukan cukup dengan membeli tanah kosong saja. Padahal ada beberapa ciri-ciri tanah dijual siap bangun  yang perlu anda ketahui diantaranya sebagai berikut. 

     1.      Berupa Tanah Kering
Ketika anda mencari tanah yang dijual dan siap dibangun maka sebaiknya perhatikan fisik tanah tersebut. Dalam hal anda jika tanah tersebut digunakan untuk hunian namun kondisi tanahnya bukan tanah kering maka akan membutuhkan biaya yang besar utuk pengeringan lokasi. Biasanya kondisi tersebut ditemui pada lahan berupa sawah, rawa-rawa atau lahan gambut.

     2.      Posisi Tanah Lebih Tinggi dari Jalan di Depannya
Tanah yang layak dijadikan sebagai bangunan merupakan tanah yang kondisinya lebih tinggi dari jalan yang ada di depannya atau setidaknya memiliki sama tinggi. Sebab bila lahan tersebut lebih rendah dibandingkan jalan maka jika terjadi banjir akan mudah terkena banjir atau akan terjadi genangan dari jalan depannya tersebut.

     3.      Tersedia Saluran Pembuangan
Saluran pembuangan merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan ketika mencari tanah dijual siap bangun. Terlebih jika lokasi tanah tersebut di tengah pemukiman serta jauh dari sungai maka perlu pertimbangan yang matang. Jika anda memilih lahan di tengah pemukiman maka untuk pembangunan saluran membutuhkan biaya yang lebih besar. Untuk itulah silakan pertimbangkan betul lokasi tanah apakah jika dibangun saluran pembuangan membutuhkan biaya yang besar atau tidak.

     4.      Jalan Akses ke Lokasi yang Lebarnya Minimal 6 Meter
Untuk semakin meyakinkan anda ketika memilih tanah yang siap bangun maka ketahui ketersediaan akses jalan menuju lokasi lahan tersebut. Pastikan akses jalan yang tersedia setidaknya memiliki lebar 6 meter dan cukup lega dilalui mobil. Jalan menjadi hal yang penting untuk memudahkan mobilitas anda ketika membangun rumah atau bangunan lain nantinya.

     5.      Akses Jalan untuk Townhouse
Berbeda halnya dengan townhouse yang berada di tengah kota, umumnya luas townhouse serta unitnya tidak begitu banyak. Sedangkan lebar jalannya juga cukup untuk satu mobil saja juga tidak bermasalah. Sebab biasanya jumlah orang yang melewati jalan tersebut tidak begitu banyak. Namun akan lebih baik jika lokasinya terletak di pinggir jalan umum agar akses masuk dan keluar menuju lokasi menjadi lebih lancar.

     6.      Pada Radius 5 Kilometer Terdapat Pembangunan Perumahan Developer Lain
Ciri-ciri tanah dijual yang siap dibangun yaitu terdapat perumahan yang dipasarkan pada radius 4 kilometer. Hal tersebut dapat memberikan banyak keuntungan diantaranya mengukur respons masyarakat pada hadirnya perumahan di lokasi tersebut, edukasi harga rumah pada konsumen, tipe produk yang dijual kompetitor dan lain sebagainya.


     7.      Aktivitas Massal di Sekitar Lokasi
Pastikan memilih tanah yang dijual di sekitar lokasi aktivitas massal seperti sekolah, industri, rumah sakit, kampus dan lain sebagainya. Sebab aktivitas massal tersebut akan melibatkan banyak orang yang tentunya juga membutuhkan hunian yang nyaman. 

Tips Membeli Tanah Dijual Siap Bangun
Setelah mengetahui ciri-ciri tanah dijual siap bangun yang bagus, selanjutnya anda perlu cermat juga dalam membeli tanah tersebut. Jangan sampai anda tergiur harga murah namun akhirnya ketika proses pembangunan berlangsung biaya yang dibutuhkan menjadi lebih besar. Untuk itulah anda perlu cermat memilih tanah dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini. 

     1.      Cek Sertifikat Tanah
Pastikan tanah tersebut memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) maka bisa dipastikan status kepemilikannya. Namun untuk jika hanya memiliki Hak Guna Bangunan maka perlu diproses agar menjadi SHM. 

     2.      Batas Tanah
Pembeli sebaiknya mengecek gambar dan tulisan batas tanah di sertifikat lalu sesuaikan dengan yang disampaikan oleh penjual. Jangan sampai penjelasan penjual dan yang tertulis di sertifikat terdapat perbedaan yang bisa memicu masalah nantinya. 

     3.      Asal Usul Tanah
Hindari membeli tanah bekas rumah ibadah, kuburan maupun bekas tempat sampah karena fungsinya yang kurang begitu bagus. Namun pilih tanah bekas sawah atau kebun yang telah diratakan. 

     4.      Akses Jalan
Pastikan tanah yang akan anda beli sudah memiliki akses jalan yang dapat dilintasi oleh 2 mobil dari sisi kiri dan kanan. 

     5.      Antisipasi Bahaya Sekitar
Hindari memilih tanah yang berada di dekat jalur umum agar terhindar dari adanya penggusuran karena adanya pembangunan fasilitas umum.
Itulah tadi penjelasan mengenai ciri-ciri tanah dijual siap bangun yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Memilih tanah siap bangun memang sangat perlu kecermatan agar tanah tersebut mudah dilakukan pembangunan dan bebas dari masalah sengk
Previous
Next Post »