Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap



Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis reksadana yang banyak dipilih sebagai bentuk investasi oleh banyak orang. Seperti kita tahu bahwa selama ini reksadana dinilai sebagai pilihan investasi yang menguntungkan. Reksadana merupakan sebuah wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menghimpun uang yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi.

Sampai saat ini kita mengenal ada banyak jenis bentuk investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi emas, properti, deposito, juga reksadana. Semua bentuk investasi menjanjikan keuntungan yang berbeda-beda. Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus tahu bahwa setiap jenis investasi memiliki resiko yang berbeda-beda.

Berinvestasi merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan jaman sekarang. Setiap orang sudah seharusnya mempersiapkan investasi mereka sedini mungkin. Tak perlu takut untuk memulai dan tak perlu menunggu sampai anda memiliki penghasilan dalam jumlah besar. Investasi bisa dilakukan kapan saja, bahkan sekarang juga.

Keuntungan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap
Bagi anda yang ingin melakukan investasi, investasi reksadana bisa menjadi pilihan terbaik. Investasi reksadana itu sendiri memiliki beberapa pilihan dan salah satunya adalah reksadana pendapatan tetap. Inilah yang akan kita bahas sekarang, investasi reksadana pendapatan tetap. Kira-kira, apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berinvestasi reksadana pendapatan tetap?

Inilah dia 5 keuntungan yang bisa anda nikmati dengan melakukan investasi reksadana pendapatan tetap :

1.    Modal yang Tidak Besar
Banyak orang berpikir bahwa investasi reksadana membutuhkan modal yang besar. Padahal, investasi reksadana sebenarnya bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Anda bisa memulai investasi reksadana pendapatan tetap dengan modal minimal sebesar Rp 100.000. Karena modalnya cukup ringan maka investasi ini bisa dilakukan oleh anak muda sekalipun.

2.    Tidak Ada Jatuh Tempo
Investasi reksadana pendapatan tetap tidak memiliki jatuh tempo. Memang benar bahwa investasi ini menggunakan instrumen berupa obligasi dan obligasi itu sendiri memiliki jatuh tempo. Namun, jika obligasi sudah jatuh tempo maka manajer investasi bisa menginvestasikan kembali untuk obligasi yang baru.

3.    Bisa Dicairkan Kapan Saja
Ketika anda berinvestasi reksadana pendapatan tetap, anda bisa mencairkan uang kapan saja anda mau. Mari kita bandingkan dengan deposito, dimana anda harus menunggu sampai jatuh tempo baru bisa mencairkan uang anda. Sementara untuk jenis investasi reksadana ini, anda bisa mendapatkan uang anda kapan saja anda butuhkan.

4.    Resiko Menengah
Ketika kita melakukan investasi, maka kita harus tahu bahwa ada resiko yang perlu ditanggung. Setiap produk investasi yang kita pilih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selalu ada resiko yang perlu ditanggung setiap kali anda melakukan investasi. Untuk jenis investasi reksadana ini, resiko yang dimiliki tidak terlalu besar namun juga bukan berarti tidak ada resiko.

Investasi reksadana pendapatan tetap memiliki resiko menengah. Artinya resiko yang anda tanggung memang tetap ada namun dengan kemungkinan yang tidak begitu besar. Anda tetap bisa melakukan investasi reksadana pendapatan tetap ini dengan aman tapi ingat, anda juga tetap harus berhati-hati agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Itulah tadi 4 keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan investasi reksadana pendapatan tetap. Sebelum anda melakukan investasi ini, ada baiknya anda berkonsultasi dulu kepada pihak yang lebih berpengalaman. Coba tanyakan seluk beluk investasi reksadana pendapatan tetap agar anda bisa mengidentifikasi kelebihan yang bisa anda dapatkan dan resiko yang harus ditanggung.
Newest
Previous
Next Post »