Bunda, Tidak Semua Makanan Sehat Itu Bagus Buat Bayi 6 Bulan Lho




Tentu bunda tidak akan kekurangan resep bubur bayi 6 bulan. Sudah banyak sekali menu MPASI yang bisa bunda pilih. Dan itu harus bunda lakukan agar bayi merasakan berbagai makanan dengan rasa yang berbeda. Selain itu, ini juga bagus agar bayi mendapatkan nutrisi dari berbagai jenis makanan.

Namun, hati-hati ya bunda. Tidak semua makanan yang bunda anggap sehat itu bagus untuk bayi lho. Sehat belum tentu bagus. Sama halnya dengan makanan untuk orang dewasa. Semua orang pasti tahu daging itu bagus karena kandungan proteinnya tinggi. Namun, daging tidak lagi menjadi makanan yang sehat jika dimakan oleh orang yang mengalami masalah kolesterol tinggi. Begitu juga dengan bayi. Bunda harus hati-hati dalam memilih menu MPASI ntuk si kecil.

Untuk bayi yang baru mendapatkan MPASI, bunda bisa berikan bubur bayi 6 bulan pertama. Bunda hanya perlu mewaspadai beberapa hal berikut ini.

1.      Ikan Laut

Sebenanrnya, bagus sekali jika bunda buatkan menu makanan pendamping ASI yang terbuat dari ikan laut. Di dalam ikan laut, terdapat kandungan seperti asam amino yang bagus untuk otak bayi. 

Akan tetapi, ternyata sering kali bayi mengalami alergi. Apalagi jika ini makanan pertama yang bunda berikan. Lebih dari itu, pada tubuh ikan laut, terdapat kandungan berupa merkuri. Sistem pencernaan belum bisa bekerja seperti pada orang dewasa sehingga jika merkuri masuk ke dalam tubuh walaupun sedikit, itu bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Sebaiknya, bunda tunda dulu pemberian ikan laut. Toh masih ada menu makanan pendamping ASI lain yang juga mengandung asam amino.  

2.      Kubis

Sayuran memang sangat bagus untuk tubuh si kecil. Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan sayuran berupa kubis. Bunda bisa pilih sayuran lainnya seperti bayam dan wortel. 

Mengapa sebaiknya tidak kubis? Sayuran ini menyebabkan produksi gas di dalam perut meningkat. Padahal, sistem pencernaan bayi belum begitu sempurna. Jika makanan terlalu lama di dalam lambung, maka gas akan semakin banyak. Akibatnya, bayi mengalami sakit perut. 

Biasanya hal tersebut ditandai dengan menangis terus menerus. Bayi juga sering mengentut tapi sulit buang air besar. Jadi, kurangi atau lebih baik tidak sama sekali. Jika si kecil sudah balita, silakan bunda buatkan makanan dengan bahan kubis. Untuk saat ini, coba bunda cari menu bubur bayi usia 6 bulan lainnya.

3.      Keju

Tidak semua bayi bisa mencerna keju lho bunda. Apalagi jika bayi ternyata inteleransi terhadap laktosa. Meskipun laktosa di dalam keju sangat kecil, jika bayi intoleransi terhada laktosa, bayi akan mengalami alergi.  

Jangan anggap sepele alergi ya bunda. Alergi tidak hanya ditunjukkan dengan munculnya bintik-bintk merah di tubuh. Alergi yang begitu parah bisa menyebabkan bayi mengalami masalah pernafasan.

Nah, sekarang bunda sudah tahu kan menu MPASI seperti apa yang perlu bunda hindari? Pada intinya, bayi usia 6 bulan itu perlu adaptasi. Maka dari itu, para ahli kesehatan bayi menyarankan agar bayi diberi makanan yang sederhana. Bunda bisa buat makanan dari satu bahan makanan saja seperti buah yang dihaluskan. Jika bunda ingin memberikan bubur, pastikan itu adalah bubur bayi 6 bulan yang sehat dan juga bagus untuk sang buah hati.
Previous
Next Post »